Selasa, 10 Mei 2011

Manfaat Herbal Untuk Kesehatan

Tumbuhan herbal saat ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat luas. Herbal memberikan berbagai macam manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan. Herbal sangat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tanpa efek samping, dan bersifat alamiah .

Berbagai jenis tanaman yang dapat memberikan berbagai macam manfaat seperti :

1. Tebu
Tanaman tebu memberikan manfaat karena mengandung Vitamin B2, Sacharum officinarum.

Tanaman tebu memiliki khasiat seperti pada daunnya dapat digunakan untuk menyembuhkan demam, sedangkan pada sari tetes tebunya dapat digunakan untuk terapi anti diabetes, meredakan batuk, meredakan panas, dan dapat menyembuhkan pegal linu, serta dapat mengatasi kerusakan gigi.

2. Singkong
Tanaman singkong terdapat berbagai macam kandungan seperti pada bagian umbi mengandung Vitamin (A, B1, C), kalsium, fosfor, protein, lemak, amilum, sedangkan pada bagian daunnya mengandung Vitamin (A, B17, dan C), kalsium, fosfor,  protein, lemak, hidrat arang, dan Zat besi.
Pada tanaman singkong ini dapat memberikan manfaat yang berkhasiat seperti mencegah kanker dan tumor.

3. Nangka
Tanaman nangka mengandung albuminoid dan karbohidrat pada bagian buah, dan pada bagian batang mengandung morin, sianomaklurin (zat samak), flavon, tanin.
Tanaman nangka memberikan khasiat pada daunnya sebagai terapi anti diabetes, sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai obat batuk.

4. Sawo
Sawo memiliki kandunga pada bagian kulit yang mengandung zat tannin, pada bijinya mengandung saponin (senyawa beracun), dan pada bagian buahnya mengandung kalium, energi, karbohidrat, Vitamin (A, C, B6), magnesium, serta fosfor.
Pada bagian bunga daun sawo memiliki khasiat untuk wanita yang melahirkan karena mengandung rempah-rempah, pada bagian daun digunakan untuk mengobati demam dan luka atau borok, sedangkan pada bagian kulit dapat digunakan untuk obat diare.

5. Anggur
Kandungan yang terdapat pada tanaman anggur yaitu Karotenoid dan likopen, mangan, vitamin C, B6, K dan B1, Resveratrol (kemungkinan dapat mencegah kanker).
Tanaman anggur memeiliki khasiat yaitu untuk menjaga kestabilan gula darah, mengatasi kelelahan, mengatasi influenza, membantu mengatasi polio dan herpes.

6. Air Kelapa
Air kelapa memiliki kandungan nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium dan besi.
Kandungan yang dimiliki oleh air kelapa ternyata memiliki khasiat sebagai oralit alami, penawar racun, memperlancar saluran pencernaan, mengontrol tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan menggantikan cairan tubuh alami.

7. Labu Siam
 Tanaman labu siam memiliki kandungan protein, lemak, kalsium, fosfor dan besi, yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol serta mencegah hipertensi.

 

8. Pandan
Pandan memiliki kandungan alkoida, flavonoida, tanin, plifenol serta saponin. Pandan dapat digunakan sebagai obat herbal untuk membunuh larva nyamuk aedes aegypti.



9.  Sambiloto
Samabiloto memiliki kandungan pada bagian daun dan cabangnya banyak mengandung zat deoksiandrogarafolid, andrografolid, homoandrofilid, flavonoid, alkane, keton dan damar.
 Samabiloto memiliki khasiat sebagai pengontrol darah tinggi, kanker paru, diare, thypus dan kencing nanah.

10.  Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c, fosfor, zat besi, hidrat arang, lemak, kalori dan protein. Khasiat dari jeruk nipis yaitu dapat menyembuhkan batuk, kelelahan, batu ginjal, bau badan serta diare.


 

11. Jarak
Pada bagian bagian buah tanaman jarak banyak mengandung glikosida, tanin, pitosterol, flavonoid serta steroid sapogenin. Sedangkan pada bagian daunnya terkandung apigenin, vitexin, isovitexin. Tanaman jarak memiliki khasiat dapat digunakan sebagai obat sakit gigi, obat malaria, rematik, dan nyeri otot. Selain itu akar jarak dapat digunakan sebagai penawar racun ular.



12. Arbei
Tanaman arbei memiliki kandungan Saponin, Favonoida, Polifenol (berfungsi sebagai antioksidan), serta Vitamin C. Tanaman arbei berkahsiat dapat digunakan sebagai obat sariawan, mengobati maag ( buah dibuat jus lalu diminum), membantu melawan tifus, meringankan gejala diare. 


Selain jenis tanaman di atas tentu saja masih banyak berbagai jenis macam tanaman lainnya yang dapat digunakan sebagai herbal.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar