Minggu, 08 Mei 2011

Kekayaan Alam Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia seharusnya kita bangga atas keanekaragaman kekayaan alam yang dimiliki oleh indonesia.
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, dan termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama, dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.
Indonesia juga memiliki 3 dari 6 pulau terbesar di dunia, yaitu pulau Kalimantan dan pulau Sumatera, dan pulau Papua.

Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia dengan perairan sebesar 93 ribu km2 dan pantai sepanjang 81 ribu km2 sama juga dengan 25% panjang pantai dunia.
Indonesia merupakan Negara dengan suku terbanyak di dunia. Terdapat 740 suku , yang dimana papua sudah memiliki 270 suku. Bahasa yang digunakan sebanyak 583 dengan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan Negara tersebut

Indonesia merupakan negara penghasil gas alam cair terbesar di dunia sebanyak 20% dan juga penghasil timah terbesar kedua di dunia
Indonesia merupakan negara yang memiliki terumbu karang terkaya di dunia sebanyak 18% dan memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia
Indonesia merupakan Negara peringkat pertama dalam hasil pertanian, yaitu cengkeh, pala, serta peringkat kedua dalam hasil karet dan minyak sawit mentah.

Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis, yaitu kira-kira 80% pasar dunia.
Indonesia memiliki biodiversity anggrek terbesar di dunia sekitar 6ribu jenis anggrek
Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini berfungsi untuk mencegah terjadinya pengikisan oleh air laut atau abrasi pantai. 






Sumber daya alam di Indonesia adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang terdapat di bumi dan dapat dimafaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. 

Proses terbentuknya sumber daya alam di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor seperti :
  1. Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan aneka jenis tumbuhan dapat tumbuh subur. Sehingga Indonesia kaya akan hasil tumbuhannya.
  2. Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda sehingga dapat menyebabkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potesial untuk dimanfaatkan.
  3. Wilayah lautan di Indonesia mengandung berbagai macam sumber daya nabati, hewani, dan mineral antara lain ikan laut, rumput laut, mutiara, tambang minyak bumi.
Jumlah dan kualitas sumber daya alam di Indonesia sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah di Indoensia dengan kualitas yang bagus, sehingga sumber daya alam tersebut dapat di ekspor ke berbagai negara sehingga dapat menambah devisa negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar