1. Jelaskan pengertian Manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya lainnya.
2. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi manajemen
© Perencanaan = Planning
Fungsi utama dan terpenting, di gunakan agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di dalam masyarakat.
Perlunya perencanaan :
- Untuk mengidentifikasi peluang masa depan
- Antisipasi / menghindari masalah – masalah di masa depan
- Untuk mengembangkan langkah – langkah strategi
© Pengorganisasian = Organizing
Fungsi dari pengorganisasian yaitu membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoordinasi aktivitas
Tujuannya adalah :
- Setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban, dan tanggung jawab
- Agar terbinanya hubungan yang baik antar anggota organisasi
© Pengarahan = Activating
Adalah kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing – masing yang telah di tentukan.
Bentuk - bentuk kegiatan :
- Berkomunikasi dengan semua anggota organisasi
- Memberikan pengarahan dan petunjuk
- Memberikan kepemimpian
- Memberikan motivasi untuk mendorong para anggota karyawan
© Pengendalian = Controling
Adalah aktivitas untuk menemukan, mengoreksi adanya penyimpangan – penyimpangan dari hasil yang telah dicapai.
Langkah - langkah pengendalian :
- Menetapkan standard an metode
- Mengukur prestasi kerja
- Menentukan apakah kerja sesuai dengan standar
- Mengambil tindakan koreksi
3. Sebutkan keterampilan – keterampilan manajerial yang ada
- Keterampilan Konseptual
Adalah kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi.
- Keterampilan Kemanusiaan
Adalah keterampilan untuk bekerja dengan orang lain dengan tujuan untuk memahami dan memotivasi mereka.
- Keterampilan Administrasi
Adalah keterampilan untuk menata administrasi organisasi
- Keterampilan Teknik
Adalah keterampilan untuk menggunakan peralatan – peralatan mesin, teknik dan metode bidang tertentu.
Seperti : komputer, akuntansi, produksi, dll
4. Sebutkan dan jelaskan bentuk – bentuk organisasi
- Organisasi Garis = Lini
Adalah bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan yang paling bawah.
- Organisasi Garis dan Staff
Adalah bentuk organisasi yang banyak di pakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya hampir sama dengan bentuk garis, hanya di tambah dengan Staff, yaitu : satu / beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya member saran / nasehat sesuai dengan bidangnya kepada pimpinan perusahaannya.
- Organisasi Fungsional
Adalah bentuk organisasi yang terbagi ke berbagai bidang sesuai fungsinya, seperti : pemasaran, produksi, personalia dan keuangan, wewenang dan tanggung jawab melekat terhadap proses atau fungsi masing – masing.
Setiap anggota fungsi hanya mengerjakan fungsinya, wewenang dan tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.
- Organisasi Matrix
Adalah bentuk organisasi di mana perusahaan biasanya mengerjakan – mengerjakan pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan – pekerjaan tertentu.
- Organisasi Komite
Adalah suatu kelompok formal yang menggantikan para manajer di dalam struktur organisasi
5. Sebutkan dan jelaskan konsep – konsep inti pemasaran menurut Philip Kotler
Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran
6. Sebutkan dan jelaskan konsep – konsep manajemen pemasaran
- Konsep Produksi : menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di banyak tempat dan harganya murah
- Konsep Produk : menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, kinerja dan pelengkap inovatif yang terbaik
- Konsep Penjualan : menyatakan bahwa konsumen, jika diabaikan, biasanya tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup. Karena itu, organisasi harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif
- Konsep Pemasaran : menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna untuk menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran
- Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
“ Tujuan pemasaran bukan untuk memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja. Tapi yang lebih penting bagaimana bisa menginginkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat
7. Jelaskan pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Pengertian tersebut bersandar pada konsep inti pemasaran, yang meliputi: kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan permintaan (demands), produk (barang, jasa, dan gagasan), nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran dan transaksi, hubungan dan jaringan, pasar serta pemasar dan prospek.
8. Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem pemasaran
- Memaksimalkan konsumsi
- Memaksimalkan kepuasan konsumen
- Memaksimalkan pilihan
Artinya : Tersedianya aneka ragam produk, jumlah variasi, harga, mutu sehingga banyaknya pilihan
- Memaksimalkan kualitas hidup
Banyak barang dan jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar