Sabtu, 26 Maret 2011

strategi Perkembangan Ekonomi

Hal penting yang perlu diketahui dalam perekonomian suatu negara adalah dengan mengetahui tentang strategi pembangunan ekonomi. Strategi Pembangunan Ekonomi yaitu batasan-batasan suatu tindakan pemillihan atas faktor-faktor yang dijadikan sebagai faktor utama dalam proses utama penentu jalannya pertumbuhan.
Strategi pembangunan suatu negara akan terpusat dalam upaya pembentukan modal, serta bagaimana cara menanamkannya secara seimbang, menyebar dan terarah, dan memusat, sehingga dapat menimbulkan efek ekonomi, dan selanjutnya pertumbuhan ekonomi akan dinikmati oleh golongan lemah melalui peroses merambat ke bawah dan pendistribusian kembali. Strategi pembangunan dengan pemerataan dengan cara menekankan peningkatan pembangunan melalui teknik sosial engineering, seperti halnya melalui penyusunan perencanaan induk, dan paket program terpadu.

Strategi Ketergantungan
Kemiskinan di negara-negara berkembang banyak disebabkan karena adanya ketergantungan negara tersebut dari pihak/negara lain. Oleh karena itu jika suatu negara ingin terbebas dari kemiskinan dan keterbelakangan ekonomi, negara tersebut haru mengarahkan upaya pembangunan ekonominya pada usaha melepaskan diri dari ketergantungannya terhadap negara lain. Langkah yang dapat ditempuh dengan cara meningkatkan produksi nasional yang disertai dengan peningkatan kemampuan dalam bidang produksi, mencintai produk nasional, dll.

Strategi yang Berwawasan Ruang
Pada startegi ini telah dikemukakan bahwa kurang mampunya daerah miskin yang berkembang secepat daerah yang lebih maju/kaya. Hal tersebut dikarenakan kemampuan/pengaruuh menyebarnya dari kaya ke miskin lebih kecil dari pada terjadinya aliran sumber daya dari daerah miskin ke daerah kaya. Perbedaan selanjutnya bahwa keseimbangan daerah kaya dan daerah miskin akan tercapai dalam waktu jangka panjang.

Strategi Pendekatan kebutuhan Pokok
Sasaran dalam strategi ini adalah menanggulangi kemiskinan secara masal. Strategi selanjutnya dikembangkan oleh Organisasi Perburuhan Sedunia (ILO) yang menekankan bahwa kebutuhan pokok manusia tidak mmungkin dapat dipenuhi jika pendapatan masih rendah akibat kemiskinan yang bersumber pada pengangguran. Oleh karena itu sebaiknya usaha-usaha diarahkan pada penciptaan lapangan pekerjaan., peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok, dan sejenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar