Dalam Ilmu Ekonomi pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Dalam hal ini ada beberapa syarat terjadinya pasar yaitu adanya penjual, adanya pembeli, adanya uang untuk melakukan transaksi, ada barang dan ada tempat melakukan transaksi tersebut.
Beberapa fungsi pasar :
1. Fungsi Distribusi
Dalam fungsi distribusi ini, pasar berperan dalam memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
2. Fungsi Pembentuk Harga
Dalam pembentuk harga, pasar yang berperan dalam menentukan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
3. Fungsi Promosi
Dalam hal promosi, pasar berperan dalam membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang dan jasa.
Macam-macam Pasar
Berdasarkan jenisnya pasar dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Pasar Barang Konsumsi
Pasar yang tujuannya untuk memperjual belikan barang-barang konsumsi.
contoh : barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur dll.
2. Pasar Barang Produksi
Pasar yang digunakan untuk memperdagangkan faktor-faktor produksi.
contoh : mesin-mesin produksi, alat pertanian, dll.
Menurut Luas Jaringan Distribusi, pasar dibedakan menjadi :
a. Pasar Setempat
Pasar yang digunakan oleh anggota masyarakat yang meliputi suatu daerah kecil tertentu.
b. Pasar Daerah
Pasar yang hanya meliputi daerah tertentu saja, misalnya pasar yang terdapat yang di daerah kabupaten.
c. Pasar Nasional
Pasar yang meliputi suatu wilayah negara tertentu.
d. Pasar Internasional
Pasar yang memperdagangkan barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.
Menurut waktu bertemu antara penjual dan pembeli pasar dibedakan menjadi :
1. Pasar Harian : Pasar yang berlangsung setiap hari
2. Pasar Mingguan : Pasar yang berlangsung seminggu sekali
3. Pasar Bulanan : Pasar yang berlangsung sebulan sekali
4. Pasar Tahunan : Pasar yang berlangsung setahun sekali. Pasar ini bersifat Internasional.
Menurut sifatnya pasar dibedakan menjadi :
1. Pasar Nyata/Konkret
Pasar ini merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam pasar ini seluruh transaksinya bersifat nyata.
2. Pasar Abstrak
Proses interaksi (hubungan timbal balik) yang dilakukan antara penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang yang akan diperjual belikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar