Kamis, 14 Oktober 2010

Bisnis Souvernir

Usaha bisnis souvernir sebenarnya hampir sama dengan menjual pernak pernik kebutuhan anak-anak atau remaja. Souvernir akan laku di pasaran jika memiliki nilai seni dan souvernir yang kita jual kita unik dan tidak pasaran dengan souvernir lainnya. Keterampilan dan jiwa seni sangat di butuhkan dalam bisnsi souvernir ini. Souvernir dapat di buat dengan sentuhan pribadi dengan di cetak/disablon/di bordir. Maka souvernir yang kita buat akan terlihat lebih bagus. Membuat souvernir dapat menggunakan bahan bekas yang kita olah kembali dengan kreativitas yang di miliki sehingga barang yang tidak memiliki nilai seni menjadi terliahat unik. Semakin barang tersebut memiliki nilai seni maka semakin tinggi pula nilai jual yang di miliki dari barang tersebut. 


Peluang usaha bisnis souvernir ini sangat besar karena souvernir dapat digunakan untuk souvernir acara pernikahan, dapat juga berbagai macam bentuk seperti asbak, kipas, notepad, kalendar, tas, tempat tisu, dompet, dan pajangan lainnya.
souvernir untuk anak anak bisa dalam bentuk tas, handuk, tempat tisu, mug dll.

Modal yang dibutuhkan dalam mebuat souvernir hanya butuh ruangan khusus seperti memanfaatkan ruangan yang tidak di pakai. Dalam penjulan souvernir dapat membuka kios di rumah jika ingin mengirit modal saat bisnis souvernir sebagai pemula.
Dalam menyimpan barang souvernir yang ingin di pasarkan dapat di simpan di  dalam lemari, rak-rak kaca, atau dapat memfaatkan lemari yang sudah tidak di pakai lagi.
Setelah itu kita dapat membuat katalog album sebagai media promosi. 

Kiat menjalankan usaha bisnis souvernir
-Jika modal terbatas, bisa membatasi dengan menjual souvenir pada satu segmen/jenis saja. Misalnya, untuk anak/remaja dan terbuat dari kertas/kayu.
-Jangan malas dan segan untuk belajar dan mengembangkan ide/kreasi. Souvenir menarik saja tidak cukup, anda harus punya ciri khas yang unik yang menjadi “icon” anda.
-Jangan terpaku pada souvenir buatan lokal (dalam negeri). kita bisa browsing di internet untuk mencari info terbaru dan jenis-jenis souvenir yang bisa dibeli via internet.
-Jika anda membeli souvenir secara grosir (dibuat secara massal), berikan sentuhan pribadi anda, misalnya dengan menambahkan kemasan cantik atau pita/kertas kado daur ulang. 
 
Kegigihan dan usaha keras merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai bisnis yang ingin di capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar